• slide nav 1

    Membangun Peradaban

    Setiap orang akan mendapatkan apa yang diusahakan dengan sepenuh kesungguhan..
  • slide nav 2

    Tidak Setuju Syuro

    Apa yang harus kita lakukan seandainya tidak menyetujui hasil syuro?
  • slide nav 3

    Jadilah Kitab...

    Jadilah kitab yang bermanfaat walaupun tanpa judul. Namun, jangan menjadi judul tanpa kitab.
  • slide nav 4

    aku masih disini...

    Hidup memang penuh dengan pilihan, bukan berarti mereka yang pergi itu berpaling..
  • slide nav 5

    Daun Berserakan

    Umat ini seperti daun-daun yang gugur diterpa angin, tak ada lagi kekuatan...
  • slide nav 6

    Dialog selepas malam

    “Ana ingin berhenti saja, keluar dari tarbiyah ini. Ana kecewa..."

TUTORIAL + TEMPLATE GRATIS - MEMBUAT WEBSITE PKS

Buat sobat yg mau bikin WEBSITE PKS kami sediakan TUTORIAL+TEMPLATE Gratis (via Email) V-1 V-2 V-3 V-4 V-7 V-9 V-10

Delete this element to display blogger navbar

Selasa, 09 Juni 2009

Perpaduan

Diposkan olehPIYUNGAN ONLINEdi00.43
Share this articel on :

by Abu Zalfaa’ Asy-Syakib

Hikmatus-syuyukh’ wa hamasatus-syabaab, itulah ungkapan yang tepat yang sering disampaikan para muasis dakwah ini. Betapa tidak, bahwa berjalannya dakwah ini memang sering dihiasi oleh bijaknya para ”orang tua” dan semangatnya para pemuda kita. Dengan adanya maziyah dari masing-masing tersebutlah, ritme dakwah ini bisa berkembang dinamis di dalam tuntunan yang qoyyim ini ( mustaqiiman wa mu’tadilan ).

Berbeda halnya, jika antara yang ”tua” dan muda tidak mampu menyuguhkan sikap-sikap yang bijak dan semangat dalam derap langkah dakwah ini, tentu yang akan kita jumpai adalah kader-kader yang mudah futur. Sudah barang tentu kita tidak mengharapkan hal-hal itu terjadi pada dakwah kita ini.

Karenanya, guna menguatkan semangat dan soliditas, Senin, 8/9/09, pukul 16.30-17.30 WIB seluruh mas’ulu-ad-dakwah di DPRa Srimartani mengadakan syuro pekanan di rumah Pak Widodo-Bu Nur Wakhidah, Sumokaton. Meski cuaca agak mendung dan mulai gerimis, namun rekan-rekan yang hadir cukup maksimal.

Program–program pada pekan lalu menjadi pembahasan awal sekaligus evaluasi program. Agenda Pelayanan Kesehatan Masyarakat Gratis yang bertempat di dusun Wanujoyo Kidul pada hari Ahad, 31 Mei 2009 yang sangat diminati warga setempat menjadi menu evaluasi pertama. Alhamdulillah, keterlibatan semua pihak lokal sangat baik (pemuda/i, Ibu-ibu, Bapak-bapak dan anak-anak), walaupun waktu yang dialokasikan masih kurang sepadan dengan pasien yang mendaftar.

Dari agenda Yankes tersebut juga perlu adanya agenda-agenda sebagi follow up agar warga pun tidak hanya mendapatkan pelayanan di bidang kesehatan saja. Program tindak lanjut yang direncanakan meliputi segmen remaja/pemuda antara lain Penyuluhan Masa Transisi/Puberitas Remaja, Pelatihan Check Golongan Darah, OutBond. Sedang untuk segmen ibu-ibu akan difollowupi oleh PWK.

Program kegiatan lain adalah Pos Wanita Keadilan DPRa Srimartani, pada bulan kemarin Tim PWK DPRa Srimartani yang sudah membimbing kaum ummahat tersebut telah berkiprah di dusun Rejosari, Tambalan, Mloko, Poitan/Mandungan, dll dengan berbagai kegiatan yang menarik diantaranya: Perawatan Jenazah, Pembuatan Peningset, Penyuluhan kewanitaan, dll.

Agenda berikutnya yang dibahas adalah kegiatan untuk mengakomodir para simpatisan dan saksi dalam kemasan agenda TRP (Ta’lim Rutin Partai) yang akan kami mulai aktifkan kembali setiap malam Senin Legi tiap lapanan, karena kultur masyarakat di wilayah Srimartani mayoritas dari kalangan Nahdiyyin maka acara tsb akan diawali dengan membaca Surat Yasin dan Sholawatan bersama dilanjutkan dengan ta’lim.

Dan untuk menguatkan para Kader & Calon Kader (baik sebagai mas’ul dakwah di DPRa Srimartani maupun diluar dan para simpatisan beserta keluarga) maka inysa’ALLOH akan diselenggarakan kegiatan bulanan TEKAD (Temu Kader Da’wah) yang pada bulan ini pada hari Ahad, 21 Juni 2009, pukul 13.00-15.00 WIB bertempat dirumah Bapak Totok Daraman.

Sebetulnya yang memimpin jalannya syuro sore itu seharusnya Ketua DPRa Srimatani, akh Rusdi Martono. Namun, diawal acara mendadak beliau mendapat kabar kalau bapaknya mengalami ’kecelakaan’ yang berakibat tangan kirinya patah tulang. Beliaupun langsung pamit dan mengurus orangtuanya ke ahli patah tulang ’sangkal putung’ di daerah wonosari. Semoga Allah SWT memberi kesembuhan dan ketabahan serta musibah ini sebagai kafarat dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik fiddunya wal akhirah. Amin.

Syuro pun berakhir kala adzan maghrib berkumandang. Empat ikhwan dan empat akhwat yang hadir segera berpamitan dengan tuan rumah.

Ada hikmah luar biasa buat kami sore itu yang terangkum dalam satu kata 'perpaduan'.

- Perpaduan antara kerja da'wah dengan urusan keluarga yang tidak boleh diabaikan
- Perpaduan antara pelayanan masyarakat (yankes) dengan pembinaan (follow up).
- Perpaduan antara kerja fikiran (rencana) dengan amal nyata (realisasi)
- Perpaduan antara peran kader ikhwan dengan akhwat yang masing2 punya porsi dan andilnya
- Perpaduan antara kearifan senior dengan semangat anak muda

Semoga Allah memadukan dua kebahagiaan kepada kita semua: fiddunya wal akhiroh!

---
posted by: pkspiyungan.blogspot.com

0komentar :

Poskan Komentar

 
TwitterDeliciousFacebookDiggStumbleuponMore